Jumat, 13 Juni 2014

Kelar vs Clear

Yo! Tangan gatel pengen nulis, pengen ngepost blog. Laptop suka manja nih bikin ribet hahahaha (banyak banget deh alasannya). Sejak mendapatkan status mahasiswa tingkat akhir, banyak hal yang gue alamin terutama saat mengumpulkan tugas. Eits, sekarang status gue uda bukan mahasiswa tingkat akhir loh, tapi jadi mahasiswa tinggal sidang heuheu.
REIKAMINE *0*
Jadi, sejak gue telah menyandang status mahasiswa tinggal sidang yang artinya mahasiswa yang emang lagi nungguin sidang, gue mulai melihat ke belakang, bernostalgia dan berpikir kira-kira apa aja sih yang telah gue lakuin dan kenapa harus ada kejadian yang kurang enak di tanggal 30 Mei (hari pengumpulan laporan TKA gue). Gue pun menemukan istilah KELAR dan CLEAR yang sepertinya berbeda, atau emang gue aja yang #Sotoy untuk membedakannya. Mari kita analisa!

KELAR
Gue iseng untuk nyari tahu apakah kata "kelar" sudah terdaftar di dalam KBBI, dan ternyata ADA! Kelar artinya selesai, siap. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita sering menggunakan kata kelar ini untuk mengekspresikan bahwa pekerjaan atau masalah sudah selesai, bahasa lainnya mungkin BERES dan TUNTAS kali yah. Nah, dalam hidup ini, ada orang-orang yang mengerjakan pekerjaannya bisa sampe kelar, dan ada juga yang nggak pernah kelar jadi selesainya cuma setengah gitu. Kalau dalam kerja kelompok, pasti enak yah ada temen yang kerjanya selalu kelar, selalu tuntas jadi kerjaan kita pun ikutan kelar hahaha. Walau biasanya orang yang pekerjaannya KELAR, pekerjaannya suka nggak rapi gitu. Sama juga dengan menyelesaikan masalah, pasti ada orang yang mau menyelesaikan perkara atau masalah sampe kelar baru dia lega. Nah di sinilah yang membedakan kelar dengan clear, menurut ke-sotoy-an gue, kelar itu belum tentu clear (bersih atau jelas). Sebagai contoh terberat adalah kasus-kasus korupsi, kekerasan, politik yang banyak banget uda dapet status "KELAR" atau selesai, tapi banyak masyarakat yang masih belum mengerti karena belum clear (jelas). Contoh sederhananya, lo bersihin rumah sampe bersih tapi perabotannya belom rapi.

CLEAR
Dalam bahasa Inggris, kita tahu clear bisa diartikan macam-macam. Bisa bersih, jelas dan lain sebagainya. Tapi untuk kasus ini, kita pake arti jelas yah. Nah, orang-orang yang dalam kategori ini kalau dalam kerja kelompok, dia bertugas sebagai orang yang nge-rapiin. Jadi temen-temennya uda ngerjain tugasnya masing-masing, nah dia deh yang ngegabungin terus ngerapiin format, margin, tatanan dan lain-lain. Biasanya tugasnya paling akhir. Nah tipe orang ini punya sifat kebalikan dengan orang yang kerjaannya KELAR. Mereka biasanya mengerjakan pekerjaan setengah, males nuntasin pekerjaan, atau mungkin lebih suka merapikan, menyusun, men-design, menata gitu #Sotoy. Jangan menyangka pekerjaan mereka mudah dibanding orang yang tugasnya cepet KELAR. Karena capeknya sama bahkan lebih capek orang-orang ini mungkin. Contoh terberatnya adalah sebuah pesawat tersandung kasus yang cukup berat dan pada akhirnya kasusnya KELAR, tetapi citra pesawat tersebut masih buruk karena kasus itu. Nah, tugas seorang humaslah yang membuatnya CLEAR dengan membersihkan citra buruk, membangun dan menata citra baik lagi buat pesawat. Mesti sabar-sabar banget kali yah jadi orang yang tugasnya bikin masalah menjadi CLEAR sampai nggak berbekas. Contoh sehari-hari yaah ibarat penjual tanaman, mereka yang merawa tanaman agar terlihat bagus di mata orang, walau proses tanaman itu tumbuh sangatalah buruk oleh orang-orang KELAR.

Nah, kalo dalam penyelesaian masalah. Orang yang cenderung KELAR pasti akan menggunakan diskusi atau forum terbuka sampai benar-benar menyelesaikan masalahnya. Orang yang cenderung CLEAR pasti akan menggunakan kata "Maaf" sebagai kata yang paling dapat menyelesaikan masalah. Jadi lebih baik mengakui kesalahan dan langsung minta maaf. Buat gue, KELAR dan CLEAR sangat berkaitan. Masalah itu harus KELAR dengan diskusi, tapi juga harus CLEAR dengan mengakui kesalahan dan saling minta maaf. Dan penggunaan KELAR dan CLEAR disini nggak ada urutan yah. Bisa aja dalam menyelesaikan masalah itu harus clear (jelas) dulu baru di-kelar-in hihihi. Untuk urusan mengerjakan tugas atau pekerjaan, kalian masuk ke dalam kategori apa?

*H-3 menuju tanggal 16 Juni 2014 jam 09.00-14.00 (Sidang Click Motion Production)*

5 komentar:

  1. wah kebanyakan baca kelar dan clear, aku jadi merasa dua kata itu jadi tak bermakna apa-apa. haha, lupa istilah untuk hal tersebut.
    kakak anak komunikasi ya tampaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha maaf yah gue nya aje yang sotoy ngebahas hal sepele ini hahaha. Iya kok tau? :3

      Hapus
  2. Bukannya hampir sama ya, kak? Tapi taktau lah, aku mencoba untuk mengerti. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayanya sama, gue aja yang sotoy ngebedain XDD entahlah

      Hapus
  3. JOIN SEKARANG Kamu Ingin Merasakan Sensasi Kartu Terbaik?
    Daftarkan Sekarang Di Situs BandarQ Terbaik Hanya Di MarioQQ
    MarioQQ Memberikan Fasilitas Terbaik Untuk Bermain Kartu Dapatkan Sekarang Juga!
    Kesempatan Bermain Bermodalkan 10rb Saja!
    Motto Logo MarioQQ Memberikan Kemenangan Besar Hanya Dengan Modal Minimal Rasakan Sekarang!
    8 Games Dalam 1 User ID
    -BandarQ
    -AduQ
    -Domino99
    -Capsa Susun
    -Sakong
    -Poker
    -Bandar Poker
    -Bandar 66

    Tunggu Apa Lagi Daftarkan Sekarang !

    Rasakan Kemenangan Bermain Dengan Modal 10rb Saja!
    Hubungi Kami!
    -BBM : DC91DE02
    -WA : +855967975460
    -Line : mari0qq
    -FB : MarioqqLink

    Tunjukan Kalo Kamu Adalah Yang Terbaik!
    Kunjungi Juga Situs Kontes SEO
    >>>CCSEO<<<
    >>>CC SEO<<<
    >>>CCSEO<<<
    >>>CC SEO<<<
    >>>MarioQQ SEO<<<
    Kunjungi Juga Situs Berita Terkini!
    >>>Cerita Rakyat Indonesia<<<
    Kunjungi Juga Situs Berita Viral !
    >>>Kakek Gokil<<<

    BalasHapus