Kamis, 23 Oktober 2014

[Review] Rurouni Kenshin: The Legend Ends - Panggung Teaterikalnya Shishio

WARNING! POSTINGAN INI PANJANG, SUBJEKTIF, DAN PENUH SPOILER

Judul: Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014)
Produksi: Warner Bros, Encore Film, Amuse, Shueisha, KDDI Corporation, Gyao, Pictures Japan
Sutradara: Keishi Ohtomo
Jenis Film: Aksi
Adaptasi: Rurouni Kenshin (Samurai X)
Mangaka: Nobuhiro watsuki
Pemain: Takeru Sato, Tatsuya Fujiwara, Emi Takei, Ryunosuke Kamiki, Munetaka Aoki, Yusuke Iseya, Tao Tsuchiya

Inilah bagian akhir cerita, Kenshin Himura (Takeru Sato) bertarung untuk menghentikan ulah Makoto Shishio (Tatsuya Fujiwara) yang ingin menguasai negeri. Setelah puas membuat Kyoto lautan api, Makoto Shishio melancarkan tujuan utamanya, yaitu Tokyo. Pertarungan sengit terjadi dan membuat Kenshin hanyut dalam laut untuk menolong Kaoru. Kenshin yang menghilang, sementara Shishio pun berhasil menekan pemerintah dan menjadikan Kenshin sebagai buronan yang harus dihukum mati.

Setelah sukses dengan "Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno" yang menggemparkan, Oktober ini pun nggak akan kalah seru dengan adanya "Rurouni Kenshin: The Legend Ends" yang merupakan film terakhir dari trilogy live action rurouni kenshin alias samurai x. Gue pun menjadi salah satu orang yang nggak sabar nungguin film ini dan berikut review-nya.

Pertama, CG dan visual effects yang dahsyat! Kalo dari judul sih, film keduanya yang kyoto inferno kan artinya neraka kyoto tapi ternyata lebih banyak api di film ketiga ini, the legend ends. Penonton anime samurai x pasti pada tahu dong kalo pedangnya Shishio itu ngeluarin semburan api? Nah, di film ini, bakal puas banget dimanjain sama CG visual effects (VFX) api yang beneran keliatan nyata.
SHISHIO VS KENSHIN
Kedua, cerita yang to the point. Sebagai film final, rurouni kenshin: the legend ends ini bener-bener langsung ke intinya, seperti hilangnya Kaoru dan Kenshin, pencarian Kenshin sebagai buronan, Kenshin dengan gurunya, pertarungan di atas kapal dan sebagainya. 10 menit pertama langsung berasa alur film tensi/tekanan-nya yang tinggi #Sotoy. Tensi tinggi di menit-menit pertama itulah yang membuat penonton nggak sempat beradaptasi untuk mengingat film sebelumnya dan baru dikasih "istirahat" di pertengahan menit dengan kebingungan. Kenapa kebingungan? Karena sangking to the point-nya, solusi untuk beberapa masalah menjadi begitu singkat. Sampe-sampe penonton di sebelah gue berisik: "Loh kok uda gini aja?". Spoiler: misalnya adegan Kenshin yang belajar teknik pedang baru dengan gurunya, kalo nggak salah teknik "high heaven". Untuk mencapai teknik ini, Kenshin harus mengetahui kelemahannya. Durasinya lama untuk pertarungan latihannya tapi untuk mendapat jawaban dari kelemahan Kenshin-nya cepet banget. Paling sederhana lagi, adegan Misao yang menemukan Kenshin. Transisi pergantian hari-nya mungkin kurang berasa atau gimana, yang jelas bener-bener to the point. Teruntuk teknik "high heaven", bagi gue sedikit berasanya, kurang greget padahal ini teknik tertinggi.

Ketiga, perintilan yang hilang. Entah gue yang terlalu detail atau gimana, di film kedua, ada adegan dimana Shishio kekeuh menginginkan 10 legenda pedang datang ke tempatnya (CMIIW) dan kemudian para legenda itu pun datang. Tentunya jika para legenda ini istimewa, pastinya mereka punya kostum unik. Nah, di film ketiga ini, tiba-tiba aja 10 legenda pedang itu uda tewas aja gitu. Ada sih beberapa adegan yang menurut gue, petarung ini adalah salah satu anggota 10 legenda itu. Misalnya adegan Sagara VS Biksu Budha dan Saito (polisi yang suka nge-rokok) VS pertarung yang matanya ditutup kain. Durasi untuk Sagara VS Biksu Budha sih cukup lama ketimbang adegan yang satunya. Mungkin karena faktor to the point tadi, makanya pertarungan 10 legenda ini jadi nggak penting (yaiyalah yang penting pertarungan sang jagoan dong). Cuma berasanya, perintilan yang ada di film kedua uda hilang aja gitu. CMIIW.

Keempat, adegan pertarungan yang keren parah! Di sinilah panggung teaterikal Shishio terjadi dengan sangat dahsyat, yaitu Shishio melawan 4 pertarung sekaligus. Empat pertarung tersebut adalah Kenshin, Sagara, Saito (polisi perokok), dan Aoshi (pemimpin klan pengintai).
Koreografinya keren bangetlah, gerakan Kenshin yang ngehindar dari serangan tuh patah-patah banget jadi powerful abis, dan timing effect tebasan api dari pedang Shishio pun tepat di setiap gerakannya. Totally action and totally DRAMA! Hahaha drama yang dimaksud di sini bukan nangis-nangis bombay sinetron dan lain sebagainya yah. Beneran ada alur dan klimaks yang bisa dinikmati. Contohnya kematian Yumi yang tragis.
Adegan anime itu beneran direalisasiin loh. Bayangkanlah tragis dan dramanya, apelagi couple Shishio dan Yumi itu favorit gue hahaha. Dengan judul "The Legend Ends" dan poster Kenshin yang tergeletak di pasir, membuat orang berpikir sang legenda alias Kenshin mati. Tapi yaah namanya jagoan, pasti bukan dia yang mati. Si Legenda yang dimaksud sebenarnya adalah Shishio. Maka dari itu, film ini beneran panggungnya Shishio bangetlah. Ohya, jangan takut pertarungan Kenshin VS Sojiro juga masih ada loh bahkan diberikan durasi yang yaah cukuplah.
SETA SOJIRO VS KENSHIN HIMURA
Ohiya, walau sebelumnya gue menyebutkan kalo ada beberapa perintilan yang hilang, di film ini justru detail-detail kecil semakin keliatan. Misalnya aja gaya bertarung Sojiro yang suka lompat satu kaki alias jinjit, luka bakar Shishio yang makin keliatan jelas dengan pengambilan gambar zoom. Lagi-lagi make-up nya keren! Dan film ini banyak darah, teman-teman. Sound effect cabikan pedangnya juga makin berasa, maka dari itu rate film ini (D)ewasa. Fanservice untuk penonton pria nih, ada adegan galau-nya Kaoru dengan rambut digerai. Cantiklah pokoknya dia di adegan itu.

Keseluruhan filmnya bagus. Baru beberapa hari udah masuk box office-nya Jepang. Kalau kamu pecinta anime, film "Rurouni Kenshin: The Legend Ends" layak dianugerahi film live action terbaik dan patut kamu tonton. Biasanya kan film live action suka mengecewakan bagi para pecinta anime yang punya ekspesktasi tinggi. Nah, kalo yang ini boleh kok berekspektasi tinggi hohoho, nggak nyesel. Apalagi soundtrack-nya juga ciamik, One OK Rock wohoooo!! Bonus foto Shishio kita, alias Tatsuya Fujiwara!
DALAM BATTLE ROYALE

DALAM DEATH NOTE
Beda banget ye dibanding jadi Shishio? Saat jadi Shishio, suaranya juga beda banget.

Sumber gambar:
http://kotaku.com/kenshins-third-movie-has-action-scenes-that-will-leave-1634751178
http://www.ungeek.ph/2014/08/5-super-kick-ass-scenes-in-the-rurouni-kenshin-the-legend-ends-trailer/

8 komentar:

  1. Haduh, haduh...ini film kapan ya muncul torrentnya? Udah ga sabar pengen nonton nih, di bioskop China ga akan keluar kayaknya...

    BalasHapus
  2. batosai si pembantai, jadi inget masa SD deh klo tentang SamuraiX

    BalasHapus
  3. Jadi inget kartun 90'an deh Samurai X seru pasti nih

    BalasHapus
  4. Are you looking for a business loan, personal loans, mortgages, car
    loans, student loans, debt consolidation loans, unsecured loans, risk
    capital, etc. ... You are in the right place
    Your loan solutions! I am a private lender who lends
    Individuals and businesses at a low interest rate and affordable
    Interest rate of 3%. Contact us by email: powerfinance7@gmail.com

    LOAN APPLICATION FORM
    **********************
    Your full name:
    Country/State:
    Loan Amount:
    Duration
    Phone:
    Monthly income:
    Occupation:

    Awaiting your swift response.
    May Allah bless you.
    IBRAHIM MUSA
    power Financial Service Pvt.
    Contact Us At :powerfinance7@gmail.com
    WhatsApp Number +919717357946

    BalasHapus
  5. Apa sampeyan nggoleki bisnis, silihan pribadhi, kredit, mobil
    silihan, silihan mahasiswa, utang consolidation utang, silihan tanpa jaminan, resiko
    ibukota, dll ... Sampeyan ana ing panggonan sing bener
    Solusi kredit sampeyan! Aku dadi tukang kredit pribadi sing ngutangi
    Individu lan bisnis ing tingkat kapentingan sing kurang lan terjangkau
    Tingkat bunga 3%. Hubungi kita liwat email: powerfinance7@gmail.com

    BORANG APLIKASI PINDAHAN
    **********************
    Jeneng lengkap panjenengan:
    Negara / Negara:
    Jumlah Pinjaman:
    Suwene
    Telpon:
    Pendapatan saben wulan:
    Pakaryan:

    Nunggu tanggap sing cepet.
    Muga-muga Allah mberkahi sampeyan.
    IBRAHIM MUSA
    Daya Layanan Finansial Pvt.
    Hubungi Kami: powerfinance7@gmail.com
    Nomor Tampilan Whatsapp +919717357946

    BalasHapus