Minggu, 07 Juni 2015

Karakter "cowok kedua" Dalam Drama Korea

Yo! Hari ke delapan #NulisRandom2015. Selama seminggu sakit, tiba-tiba aja gue bawaannya pengen nostalgia terus. Mulai dari dengerin lagu My Chemical Romance sampe nonton drama Korea PRINCESS HOURS atau GOONG. Kebanyakan marathon drama Korea sih, jadi gue menyadari sesuatu, yakni karakter rival atau the second hero itu selalu dibuat menawan yah. Oke pokoknya gue lagi tergila-gila sama karakter second hero. Walau gue tulis judulnya "cowok kedua" tapi kita sebut aje second hero yah biar agak umum (dikit).
PILIH YANG MANA HAYOO
Contoh terdekat bisa ambil dari program yang ratingnya belakangan ini meningkat karena selalu jadi trending topic di twitter, yakni Naruto. Siapa yang nggak tahu karakter Sasuke? Rival Naruto yang nyaris sempurna (walau entah kenapa di awal kemunculannya gue nggak tertarik hahaha). Dia tampan, pintar, tenang, idaman cewek-cewek, pokoknya berbanding terbalik dengan Naruto, si main hero. Nah ini juga berlaku dengan karakter drama korea yang ramuan karakternya hampir sama semua!!
PERNAH GA TERPIKIR KENAPA BAJU SASUKE BELAH DADA?
Pertama, penampilan atau fisik karakter second hero harus ganteng/cantik bahkan lebih ganteng/cantik dari main lead. Pokoknya second hero harus seksi, hot, cakep, keren, dan super badass. Umumnya karakter main hero aslinya cakep tapi dibikin nggak cakep hahaha atau ada hal yang bikin kegantengan/kecantikannya tertutuplah di mata penonton. Tapi biasanya kalo main hero nya uda ganteng/cantik, dapat dipastikan second hero dibikin paling manis wajahnya!! Tentu ini dibuat agar penonton nggak bisa milih untuk mendukung siapa.
JAEJOONG (2nd hero) VS JISUNG (main hero) -PROTECT THE BOSS-
PANGERAN SHIN (main hero) VS PANGERAN YUL (2nd hero) -GOONG-
Kedua, second hero memiliki kepribadian paling baik dibanding main hero. Tentu, sebagai rival, pasti kepribadian second hero haruslah berbanding terbalik dengan main hero. Walaupun begitu, sifat yang bagus-bagus buat second hero biar sempurna. Entah itu dia paling pengertian, perhatian, suci, lembut, pintar, ramah, kuat dan lain sebagainya. Biasanya kalau second hero-nya jahat, pasti dia super ganteng, kaya dan sebagainya. Selalu ada "tambalan" buat second hero agar tampil maksimal hohoho!
PANGERAN YUL DAN CHAEKYUNG -GOONG-
SHIN WOO DAN GO MINAM -YOU ARE BEAUTIFUL-
JIHOO DAN JANDI -BOYS BEFORE FLOWER-
Ketiga, second hero haruslah orang yang paling dekat dengan yang karakter yang "direbutin". Please deh dalam drama Korea, uda pasti dua cowok rebutan satu cewek atau sebaliknya. Nah nyambung sama yang sebelumnya, karena sifat mereka yang baik-baik makanya bikin mereka dekat dengan cewek. Semisalnya yang direbutin itu harta, maka second hero pastilah karakter yang dianggap paling cocok mendapatkan harta tersebut (walau ending-endingnya pasti yang dapet si main hero).

Keempat, second hero selalu punya "cerita pemakluman". Biasanya cerita-cerita pemakluman ini yang bikin karakter cewek dalam drama Korea ngebelain si second hero ketimbang main hero. Bahkan penonton juga dibikin memaklumi second hero. Pokoknya semua orang harus sayang second hero walau misalnya awalnya benci banget.

Jujur aja, dulu gue nonton goong (princess hours) tuh dukung pangeran Shin 100%. Tapi tahun ini gue tonton ulang, kok yah gue dukung pangeran Yul yah. Gue nggak tega liat wajah "cry-baby"-nya, dan selama nonton ini gue selalu teriak "Yuuul, jangan nangiiis. Yuul".
WAJAH CRY BABY-NYA YUL YANG BIKIN GUE NGGAK TEGA
Cerita sedikit, sempet marathon bareng adik dan adik gue heran gue bisa punya hati buat pangeran Yul hahaha. Secara dia second hero yang licik tapi tapi gue kasihan. Kadang gue berharap usaha licik dia dalam nge-"brainwash" Chaekyung berhasil hahaha.
PANGERAN YUL MINTA DINOTICE :"(
Kelima, second hero baru bisa "unjuk gigi" setelah main hero. Yaiyalah namanya juga second hero, pasti dia muncul kedua atau terakhir. Ibaratnya di drama Korea selalu ada kan tuh kejadian ketemu tanpa disengaja. Biasanya peran utama cewek dan cowok saling ketemu di awal, entah itu saling cekcok atau berantemlah. Nah nanti berikutnya baru deh ketemu sama second hero yang first impression-nya baik bangeet hahaha.

"Jika aku yang pertama bertemu denganmu, mungkinkah kau bisa jatuh cinta padaku?" dialog yang sering banget muncul di drama Korea dan diucapkan oleh karakter second hero.

Tapi masih ada kesempatan kok bagi second hero untuk muncul pertama, yaitu MENJADI TEMAN MASA KECIL hahahaha. Sudah pasti itu, kalau nggak teman masa kecil ya sahabat lah. Pokoknya, second hero itu KORBAN FRIENDZONE hahaha.
HWI KYUNG -MY LOVE FROM THE STAR-
Hmm kayaknya segitu aja deh. Menurut gue karakter second hero selalu menawan entah kenapa hahahaha. Mungkin karena second hero itu semacem "penyegar mata" yang pokoknya serba sempurna hahaha. Ahya, belakangan gue lagi suka baca manhwa (komik Korea) di webtoon nih. Salah satu yang gue baca itu orange marmalade yang kebetulan baru-baru ini dijadiin drama Korea. Dan lagi-lagi I fall for the second hero!!
JONGHYUN CNBLUE AS SI HOO (2nd hero)
Nggak cuma drama Korea sih, film juga paling seringlah untuk mempraktikan ini hohoho. Contoh paling mudah film Twilight. Ada yang tim Edward Cullen dan ada tim Jacob Black hohoho. Kalau kalian bagaimana? Lebih suka karakter main hero atau second hero?

4 komentar:

  1. entah kenapa kalo ngeliat tentang korea, gue jadi inget BBF. dan berhubung bahasannya second hero, jadi teringat dengan ji hoo (kim hyun joong) yang cintanya bertepuk sebelah tangan. wkwkwk. kasian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahya bener tuh Ji hoo nya BBF juga salah satu the second hero yang fenomenal hahahaha XD aku update deh, upload foto mereka X"D

      Hapus
    2. entah kenapa ji hoo itu kayak yang gue bahas di sini http://antsomenia.blogspot.com/2014/12/cinta-sekadar-tertarik-dan-persahabatan.html

      sayangnya nasib ji hoo ga beruntung :v
      btw kalo artis korea cowo, dia favorit gue.

      Hapus
    3. Huwaaa nanti aku kunjungin balik yo XDD makasih uda mampir di sini, Iya ksian ji hoo :"D

      Hapus