Senin, 01 Juni 2015

Terjangkit Writer's Block

Yo! Asli pasti bosen banget baca permintaan maaf gue di awal postingan blog setiap saat dan kemudian janji pecut diri buat nulis lagi (soalnya gue juga muak hahaha). Ngelirik postingan terakhir blog ini ternyata pada hari ulang tahun gue. Gue nggak ngelak kalo gue lagi kena writer's block (lama banget ye?!). Ide berlimpahan dan cuma dicatet di notes handphone aja, tapi saat mau ngetik JENG JENG JENG gue MAMPET. 

Gue memikirkan bagaimana cara mengatasi writer's block ini. Asli gatel banget ngeluarin isi kepala tapi "kerannya" mampet berasa gimana gitu.

JANGAN AMPE KAYAK GINI PFFFT
Tapi tenang gue nggak berdiam diri, gue sempet mencoba mendorong diri gue nulis terutama menulis fiksi yang uda jarang banget gue lakukan. Dan hasilnya TADAAAA songfiction Memori Untuk Didit yang menggunakan lagunya Riddim yang berjudul "Walking Other Way", yang juga merupakan OST. Orange Marmalade (komik korea webtoon). Ahya gue pun jadi getol baca webtoon demi mencari inspirasi, cerita-ceritanya bikin nagih.

Walau pemaksaan diri buat nulis fiksi membuahkan sebuah tulisan, tapi gue belum puas. Gue pun akhirnya googling, bagaimana caranya mengatasi ini? Ini seperti penyakit. Gue sudah mencoba beragam cara tapi tidak berhasil. Yang gue pikirkan, mungkin gue butuh motivasi? Apa itu artinya gue moody-an? Atau gue butuh tantangan? Sampai gue teringat akan acara Cocoon Festival.

Tahun sebelumnya, gue ke Cocoon Festival dengan tujuan untuk mendapatkan energi positif orang-orang yang rajin berkarya, dan sepertinya tahun ini pun tujuan itu masih sama. Tapiiii ternyata rencana gue kesana gagal hahahahaha. Ya gue batal kesana dan nggak ngerti lagi gimana cara mengatasi writer's block ini. Secercah cahaya gue dapatkan dari timeline facebook gue, yakni ketika melihat hashtag #NulisRandom2015 project-nya nulisbuku(dot)com. Intinya sih yah nulis random aja, terserah mau curhat atau bikin fiksi, nonfiksi, atau bahkan satu paragraf tulisan saja pun terserah. Pokoknya apapun itu yang PENTING NULIS.

"Tujuan ajakan ini hanya satu: Kita ingin mengelabui otak kita supaya kebiasaan menulis ini menjadi sebuah kebiasaan rutin yang harus kita lakukan. Seperti menggosok gigi setiap hari. Serta, aku harap kita bisa bersenang-senang dalam menulis tanpa takut dianggap tidak inspiratif, bodoh, dan lain sebagainya"

Begitu tulisannya, dan itu membuat gue ngerasa, "Ah!"
Jadi apakah writer's block itu terbangun karena adanya perasaan takut dianggap tidak inspiratif, bodoh, dan lain sebagainya? Gue akui gue merasakan hal itu, dan itu membuat gue merasa takut menulis hanya karena SUDAH LAMA NGGAK NULIS dan nggak selancar dulu #ngek. Baiklah, dengan ini gue bersedia menerima tantangan nulis ini bukan hanya karena menghilangkan writer's block ini lagi melainkan mengembalikan kembali rasa gembira menulis, rasa senang mengeluarkan isi kepala.

HAH. Gue hela napas panjang dan melihat apa yang baru gue tuliskan di atas untuk hari pertama #NulisRandom2015 ini. Kok yah bisa sepanjang ini yah? Hahaha kaget juga. Yuk, teman-teman kita kembalikan rasa senang menulis itu! Ohiya, buat yang sakit lekas sembuh yo. Insyaallah hari ini terakhir gue sakit (bukan karena writer's block), nggak betah sakit gini hohoho. Kita harus sehat selalu!!

Terakhir, selamat malam Nifsyu Sya'ban.



*sumber gambar:

12 komentar:

  1. Gue juga sempet nih kena yang beginian, terus dipaksa aja. Akhirnya bisa lagi, walaupun nggak selancar dulu hehehe. Wah ini ikutan Nulis Random juga, nih. Semoga lancar, ya.

    Salam, Indra Permana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih semoga lancar :")
      biar dibiasakan. Thanks

      Hapus
  2. Waaah anak bunkasai juga nih *o* Main ke Cocoon, main ke GJUI juga dong agustus nanti XD

    -piiip-
    Gak cuma kamu kok, semua orang yang mau mengarang bebas /? pun pasti juga ngalamin writer's block.

    sama, gue juga sih..

    Btw, gue juga ikutan #NulisRandom2015 nih, asiiiiikk deh ada temennya XD semangat yaaah =)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaha iya rajin ke festival yah. Iyo semoga bisa ke GJ UI >< kangen juga sama kampus yang satu itu. ^0^ ahoy yuk mari saling mengunjungi.

      Hapus
  3. Gue juga sering gitu, bayak ide tapi bingung ditulisnya gimana. Biasanya kalo udah kena writer block suka blogwalking, bacain apa yang orang bahas, sampe akhirnya mau bahas apa yang gue pikir juga. Hehehe:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu yah. Makasih sarannya ><
      iya aku kemarin uda blogwalking tapi tetep buntu wwww sekarang harus maksa diri buat nulis sih.

      Hapus
  4. kalo masalah ide yang gak sempet ditulis, aku juga sering banget ngalamin. dan sayangnya adalah ketika aku diminta (dalam diskusi ide) dengan cuman ngomong, malah keluar dari mulutnya gak se-iyes yang ada di kepala. aku lebih kuat dalam nulis daripada ngomong

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah yah soalnya kalo nulis itu kayak lebih detail dan fokus. Kalo ngomong kadang kan ada distract orang lain juga hahaha ah tapi sama aa sih sebenernya :3

      Hapus
  5. hmmm semua penulis sepertinya pernah mengalami ini. andai kita x-men... laptopnya ngetik sendiri apa yang kita pikirin *ngayal*

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahahaha aku pernah loh kepikiran kayak gitu. Semacem, seandainya ada alat yang bisa nuangin pikiran di kepala tanpa perlu nulis gitu wwww

      Hapus
  6. Aku juga suka gitu, kadang malah lebih parah lagi sih, banyak ide tapi nggak tau bilangnya gimana (bukan ditulisnya gimana), pas disusun lagi tulisannya, kok nggak sebagus yang di pikiran...akhirnya nggak jadi ditulis, wuaahhaah! Kadang ilang idenya, kadang dateng lagi, aheeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaaaaaaaaaaaaaaaaaa kak siti mampiiiir hahahaha aku shock X"DD
      iya nih mampeeeeet

      Hapus