Senin, 24 November 2014

[Review] Hellofest 10 - Menjamurnya Komik Lokal

Yo! Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik. Kalau dipikir-pikir, bulan ini banyak film bagus yah, bulan depan apalagi. Ini menandakan review film gue juga ikutan numpuk hahaha (nggak janji nge-review semua). Tapi kali ini gue nggak nge-review film dulu, gue mau nge-review sebuah acara tahunan yang bisa dibilang acara yang cukup besar, yaitu Hellofest 10. Bagi yang belum tahu Hellofest itu acara apaan, kalian bisa baca review gue sebelumnya tentang "Hellofest 9". Oke, mari kita mulai review-nya!

Dari angkanya aja, kita tau tahun ini adalah tahun ke-10 diadakannya Hellofest. Setiap tahunnya pasti selalu ada yang beda dari Hellofest dan yang paling mendasar perbedaan untuk Hellofest 10 ini bagi gue adalah Hellofest lebih menekankan IDENTITAS sebagai event pop culture tergokil se-Indonesia raya. Walau masih banyak yang mengenal dengan nama acara "anima expo", Hellofest 10 kali ini memang beneran pop culture abis. Tahun-tahun sebeumnya Hellofest hanya sekadar film pendek, animasi, kostumasa (sebutan untuk orang-orang berkostum atau cosplayer). Berlanjut dengan Hellofest 9 yang mulai ada mural dan grafiti dan kemudian Hellofest 10 dengan para youtubers, stand up comedian (comic), dan yang paling heboh adalah KOMIK LOKAL.

Tahun 2014 mungkin menjadi tahunnya KOMIK LOKAL UNJUK RASA dan Hellofest 10 sangat tepat untuk membawa para komikus lokal mengenalkan komiknya. Ini menjadi nilai plus, karena memberi pengetahuan baru untuk para pendatang Hellofest yang "didominasi" oleh para pecinta komik Jepang (manga) dan anime. Gue pun datang sebagai Jagawana (sebutan pembaca komik nusantaranger). Bagi yang belum tau nusantaranger itu apa, kalian bisa buka web komiknya langsung di nusantaranger.com hohoho.

LOKASI
Lokasi Hellofest 10 kali ini lebih besar dan keputusan yang tepat untuk penempatan teater area-nya yang lebih lebar jadi dapat menampung orang lebih banyak dan nggak perlu berebut sejuknya AC heuheuheu karena di Tennis Indoor gitu yang biasanya buat tempat konser hohoho dan masih banyak tempat untuk orang duduk (+). Tapi sayangnya panggung kurang tinggi, sehingga beberapa orang yang duduk lesehan harus mendongak sedikit atau bahkan berdiri menutupi penonton di belakangnya (-). Coba tinggian dikiiit lagi heuheu. Gue dateng 2 hari, dan sound di dalam teater area di hari ke-2 agak "kelelep" gitu dibanding hari pertama yang menggelegar.
DENAH LOKASI HELLOFEST
Denah yang jelas tapi kurang mendetail dan panitia kurang menguasai area. Dikit-dikit tiap bertanya tempat, pasti disuruh liat denah. Untuk gue yang rajin liat denah, tentu gue bertanya untuk memastikan tempat yang ternyata tidak tercantum di denah, contohnya BOOTH KOMUNITAS. Gue keliling mencari itu booth tenda buat komunitas Jagawana nggak nemu-nemu sampai seorang sekuriti bilang kalo gue cuma berhalusinasi dan booth komunitas itu nggak ada (what the...) padahal jelas-jelas booth komunitas memiliki jadwal tersendiri loh.

PANITIA
Dari cerita tersebut, gue memutuskan panitia Hellofest 10 kali ini kurang koperatif termasuk dengan sekuriti (-). Seorang cosplayer ditahan saat ingin keluar dari acara karena membawa benda yang mencurigakan padahal benda itu adalah pernak-pernik cosplay-nya dan dia mengenakan nametag kostumasa (wedew paaak tolong). Tapi dari segi keamanan, cukup okelah ini bapak-bapak sekuriti. Salutlah heuheu (+). Baju panitianya nggak se-kece baju panitia Hellofest 9 tapi yaa bolehlah tulisannya heuheuheu.

TIKET
Harga tiketnya naik!! Ya wajar sih, cuma gue kurang suka dengan tiket yang sekarang. Tiket yang bentuknya emang buat digelangin. Alasannya, tiket ini cepet ancur karena keringet sendiri heuheuheu. Sementara gue masih nyimpen tiket Hellofest 9 yang beneran bentuknya tiket hahaha.

PENGUMUMAN
Sempet beredar kabar kalo mau belanja di Hellofest 10 itu nggak bisa pake UANG CASH dan pengumumannya itu baru beredar H-2 acara. Banyak beberapa pendatang yang mulai mengurungkan niatnya ketika tahu hal ini. Ngedadak sih tapi pada akhirnya yang ngedadak itu nggak berjalan lancar, nyatanya kami masih bisa menggunakan uang cash untuk transaksi. Huraay!

Secara keseluruhan acara ini oke! Hahaha gue cukup banyak dapet gratisan. Contoh gratisan yang paling berasa adalah pulsa 100ribu dari IM3 Indosat hahaha. Makin ke sini, berasa deh orang Indonesia makin kreatif. Kostumasa sampe bikin komik strip dalam satu hari (cepet yee). Gue cukup berterima kasih untuk mejengnya para komikus lokal. Senang bisa berinteraksi dengan mereka. Untuk Hellofest tahun depan hmm gue nggak tahu deh bakal datang lagi. Kita liat apa yang menarik tahun depan hehehe! Ini sedikit dokumentasi Hellofest 10.
MERCH RAGASUKMA

MERCH NUSANTARANGER

NUSANTARANGER X RAGASUKMA

COSU-NYA RE:ON YANG POPULER~

PRESENTASI NUSANTARANGER

CUT IT OUT-NYA KAK TETU KEREEN

AJENG-ANEL-PUTI

SAMA BOS-NYA JUKI, FAZA MEONK

AJENG - KAK BUNNY - PUTI

PUTI - MAS SWETA - AJENG

BOOTH IM3 INDOSAT BAGI PULSA GRETONG
GUE DI HARI PERTAMA

HADIAH DARI KANG DEDY RUKUN JAYA

EVA CELIA - MIRA LESMANA - RIRI RIZA
PRESENTASI SETAN JALANAN
TRIO NAYA (HAHA)

PERFORM-NYA EKA GUSTIWANA

PERSENTASI FILM GARUDA

RALINE SHAH
DUMMY KOMIK PENDEKAR TONGKAT EMAS
KHAE - PUTI - ACI - TIAR - GAGAH (JAGAWANA)
Eaaa bantuin jaga booth Ragasukma jadi bisa baca dummy komiknya pendekar tongkat emas, asiklah~ Hahahaha maaf banyak foto yang nge-blur (agak sedih sebenernya) huhuhu. Nggak sempet foto sama kostumasa yang kece-kece karena mondar-mandir. Hellofest 10 kali ini, gue kumpul sama Anel, Ajeng, Iqbal, Irham, Ganda dan tentunya Jagawana. Sekian review-nya maaf kalo nggak asoy! Hahaha.

Sumber foto merupakan hasil foto pribadi, @hellofest, Erika.

24 komentar:

  1. Balasan
    1. Kaos nusantaranger nya yah?!! IYA EMANG KEREN! (nggak nyante)

      Hapus
  2. wah asik bgt ya. coba di medan ada acara kayak gitu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada. Biasanya kota-kota besar kan punya acara asik tersendiri ^^

      Hapus
  3. Wah gue ngiler foto bareng Om Faza Meonk, ketemu si Jukinya kaga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketemulah. Biar antimainstream, ketemu tapi gue cuekin hahaha *apa dah*

      Hapus
  4. Ada juga hellofest versi baru pemerannya si juki tahu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Maksudnya acara atau komik strip nih? Ini hellofest paling baru.

      Hapus
  5. btw itu bukan raline shah ternyata put -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih bukan? Lah terus siapose??? Miriiip.

      Hapus
  6. Wih... enak banget ya :(
    ngiri gue :(((

    BalasHapus
  7. Event yang keren buat diikuti, semoga aja komik indonesia bisa makin jaya dan bangkit dari keterpurukannya, selalu semangat berkarya. ^.^

    BalasHapus
  8. Asiiiik bisa ketemu Mas Faza Meonk! Hihi, sebagai orang Surabaya, pengen banget deh suatu saat bisa ke Hellofest. Entah kapan :D

    BalasHapus
  9. Eventnya kerennn, coba di Malang aja digelarinnya. *eh*
    :3

    BalasHapus
  10. Maaf banget gajadi dateng :''(
    Keadaan tak memungkinkan..

    BalasHapus
  11. Keren dan seru keknya, yaaaa. XD

    BalasHapus