Rabu, 03 Desember 2014

Sehat dan Hemat ala Anak Kosan

Yo! Apa kabar semua? Hmm ini postingan pertama di bulan baru ini yah? Nggak nyangka bentar lagi ninggalin 2014. Sedikit bernostalgia kalo gue juga pernah menjadi anak kosan (atau mungkin bakal menjadi anak kostan lagi hahahaha).

Anak kosan merupakan bagian kehidupan yang penuh cerita. Terlalu banyak inspirasi dan ide yang bahkan bisa dibuat dari satu kata yakni "kosan". Maka dari itu nggak heran banyak jokes atau bahan candaan terutama meme comic yang temanya tentang anak kosan. Ya mulai dari duit bulanan yang belum dikirim-kirim, cucian baju numpuk dan lain-lain yang nggak mungkin diposting di sini. Pokoknya jadi anak kosan itu butuh banyak akal untuk menyiasati berbagai hal heuheu dan semoga beberapa tips berikut ini bisa menyiasati permasalahan kesehatan dan perekonomian. 

1. TANTANGAN STOP MIE INSTAN
Kalau gue tanya, satu hal yang dekat dangan anak kosan, pasti pada sepakat jawabannya adalah MIE INSTAN. Pokoknya udah kayak jodoh deh, ibaratnya bukan anak kosan kalau nggak makan mie instan, mau itu mie instan bikinan sendiri atau pun mie instan bikinan warung kopi. Kali ini gue tantang semua anak kosan untuk BERHENTI MAKAN MIE INSTAN (jeng jeng jeng). Gue nantangin ini nggak sembarangan loh karena gue sukses 4 BULAN TANPA MIE INSTAN (walau pada akhirnya gue makan mie instan setelah nggak nge-kos hiks nggak tahan juga). Tentu mengurangi makan mie instan pasti berdampak bagus untuk tubuh kita dan efek samping yang gue dapet adalah gue HEMAT.

Gimana nggak hemat? Anggaplah harga mie instan 1.000 (walau masih ada ekornya dong?), dan anggaplah setiap bulan gue nyetok 10 bungkus mie instan artinya setiap bulan gue mengeluarkan uang 10.000 (ini buat beli pulsa juga dapetlah). Dengan gue berhenti nyetok mie (kemudian nyolong mie instan milik tetangga kosan) selama 4 bulan artinya gue HEMAT 40.000! Bayangkanlah kondisi kita sekarang wahai anak kosan! Ingat, BBM NAIK dan harga mie instan pasti ikutan naik, bro! Kalau makan mie yang lain boleh kok asal bukan mie instan gitu. Anggapannya nih satu mie instan uda nggak cukup buat ngenyangin perut lo, mending langsung beli mie ayam getoh!

2. AIR MINERAL LEBIH BAIK
Semua orang tau air mineral itu minuman yang super ultimate power! Selain sehat, bikin haus hilang, dan yang paling utama adalah MURAH. Minuman berwarna memang enak dan menggoda tetapi malah bikin makin boros. Begini rute borosnya: haus --> beli minuman berwarna --> manis, tenggorokan seret --> beli air mineral. What the?? Lo harus ngeluarin duit DUA KALI saudara-saudara cuma buat ngilangin haus yang padahal bisa hilang dengan hanya air mineral (yang bahkan bisa lo bawa dari kosan ke kampus).

3. IKUT UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) dan ORGANISASI KAMPUS
Poin yang satu ini pilihan sih cuma bisa jadi saran yang bagus. Banyak kegiatan membuat badan kita bergerak dan tingkat sosialisasi kita meningkat. Secara batin, kita sehat karena bertemu dengan oarang-orang yang memiliki misi (walau itu misi UKM atau organisasi). Ibaratnya, lo nggak perlu homesick terus-terusan dan bisa nambah foto facebook lo kalau lo kece di kampus gitu. Hal ini tentu positif dan tentu HEMAT. Poin hematnya adalah MAKANAN GRATIS! Setiap UKM atau organisasi pasti memiliki keuangan dan bahkan mendapatkan tunjangan dari kampus. Apalagi untuk UKM bidang seni dan olahraga, pasti ada dong budget untuk latihan, walau misalnya cuma sekadar snack ringan tapi cukup buat ngenyangin perut. UKM dan Organisasi pasti sangat MEMBUTUHKAN ANAK KOSAN, jadi ini ladang yang bagus buat kalian saudara-saudara!
ULANG TAHUN TEATER UI
4. BERSOSIALISASILAH!
Sosialisasi itu PENTING BANGET untuk anak kosan! Mungkin ada beberapa orang yang menjadi anak kosan yang antisosial tapi itu rugi banget loh. Kenalilah tetangga kosan anda karena tetangga adalah saudara terdekat. Saat lo sakit, yaa cuma tetangga kosan lo yang bisa bantu. Dan saat lo ulang tahun, mereka pasti bikin surprise birthday party yang sudah pasti gratis untuk lo dan tentunya mereka patungan, yaa walau pada akhirnya lo harus berlaku sama juga tapi patungan pasti nggak mahallah ketimbang beli kue sendiri.
SURPRISE BIRTHDAY-NYA TANTI
Nggak hanya tetangga kosan, lo juga harus baik-baik banget sama temen lo yang tinggal di rumah (pulang-pergi). Misalnya dengan memberi tumpangan menginap gitu. Nggak perlu berharap, pasti akan datang balasan dari orangtua mereka entah dalam bentuk apa (dan tentunya ini gratis). Dan nggak cuma sama temen juga, tetapi juga sama para pedagang+penduduk sekitar kosan. Karena mereka akan sangat bahkan terlampau baik kalo lo ramah sama mereka. Entah itu nganterin lo ke kampus (sumpah gue pernah ngalamin ini hohoho) atau sekadar ngasih diskon untuk beli nasi goreng karena lo langganan gitu (ini bisa jadi aset untuk masa akhir bulan). Atau pun mendapat jatah daging qurban kan lumayan tuh. Yuk ah bersosialisasi!

6. PUASA
Selain dapat pahala, tentunya sehat dan hemat hohoho. Puasa senin-kamis asoy banget loh saudara-saudara. Perut dikasih waktu buat istirahat dari aktivitasnya. Hematnya yaaah makan cuma sekali gitu (itu pun biasanya gue nggak sahur jadi cuma makan pas buka). Mantap toh? Hahahaha anak kosan pasti pernahlah ngelakuin tips satu ini.

7. MASAK SENDIRI
Percayalah masak sendiri itu hematnya paraaaaah banget, apalagi kalo masaknya 'join force' hohoho. Belanja bareng, masak bareng, keluar duit bareng dan HEMATNYA SUPERRRRR. Ibaratnya nih kalau makan di warteg, nasi pake sayur, tahu, tempe aja bisa 10ribu (ditambah minum), kalo masak bareng, kemarin itu gue cuma ngeluarin duit 2ribu saja saudara-saudara dengan lauk yang lebih mewah! Hahahaha
CUMA INI AJA YANG GUE FOTO TERNYATA HAA
8. SADAR
Anak kosan seringkali pingsan sodara-sodara. Pingsan dalam arti nggak sadar apa yang dibutuhin. Semisalnya sabun mandi! Setiap bulan pasti suka ada dong temen-temen kosan yang ngajak belanja bulanan dan akhirnya kita pun pergi bersama tapi tolonglah jangan setiap bulan beli sabun mandi cuma buat nyetok! Sebelum belanja, coba dicatat dan dibikin list apa yang dibutuhkan, karena kita (anak kosan) seringkali pingsan terutama saat melihat DISKONAN atau PROMO, apalagi yang beli 2 gratis 1 beuuh pasti dah tuh langsung patungan sama temen kosan buat beli.

JULE-SUSAN-DIEN-TANTI (GUE TUKANG FOTONYE)
Sadar akan tempat-tempat diskon atau promo (ini nggak cuma buat cewek tapi beneran buat anak kosan) memang bagus tentunya dengan skala prioritas, apalagi tempat makan yang sudah pasti ngasih makanan gratis, contohnya pecel lele lel* yang selalu ngasih makan gratis bagi yang berulangtahun dan namanya sama dengan nama tempat makan itu. Manfaatkanlah hal yang seperti itu hohoho. Sadari tempat-tempat kecil yang murah dan oke buat ngebenerin barang elektronik dan juga beli buku. Ini membuat kamu hemat dan dompet pun sehat hahaha. Sadari juga TEMPAT NONGKRONG GRATIS WIFI hohoho. Sadar akan WORKSHOP GRATIS buat nambah ilmu dan memberi nutrisi pada otak juga.
WORKSHOP AXA SHORT MOVIE
Selain lima hal di atas tentunya OLAHRAGA juga penting, apalagi sekarang olahraga sudah menjadi bagian hidup. Nggak perlu mahal ke gym, cukup lari sore di taman kampus atau sekadar ke car free day gitu. Ohiya jangan lupa jaga KEBERSIHAN, entah itu kebersihan diri atau kebersihan kamar kosan hohoho. Anak kosan memang memiliki kebebasan tetapi juga punya tanggung jawab terutama pada diri kita sendiri gitu. Berhematlah! Karena apa? Karena kamu bisa menginvestasikan uangmu untuk hal yang bahkan belum kamu bayangkan, misalnya aja traveling gitu (nggak muluk anak kosan bisa traveling tanpa rencana). Dan terakhir sehatlah! Karena sayang banget waktu kesendirianmu dipakai untuk sakit dan bahkan semisalnya mau traveling pun bisa batal. Sehat lahiriah dan bantiniah tentunya. Mari berusaha!
OLAHRAGA AGENDA KOSAN GUE
Sumber foto adalah kumpulan foto pribadi, dan gambar diambil dari google.

30 komentar:

  1. Meski gue bukan anak kostan, tapi suatu saat pasti tips dari kamu berguna. Oke makasih. Keren! Salam kenal jua.. Heuheu

    BalasHapus
  2. Tantangan paling berat anak kos: Konsisten menjalani resolusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu mari berusaha dan langsung aksi!

      Hapus
    2. Sindrom mager menghantui, apalagi lagi musim hujan kayak gini.

      Hapus
    3. I know that feel. Bikin agenda to do list aja coba hahaha XD

      Hapus
  3. wahahah iku acara2 UKM atau acara apapun yang gratis dan ada makanan nya itu yang benar2 jadi salah satu solusi :p

    BalasHapus
  4. Ada lagi, kalo makan gratis biasanya pas kondangan. Kondangan nebeng pacar ato temen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya kondangan nggak selalu ada u,u"
      Tapi yang namanya GRATISAN yuk mari cuus

      Hapus
  5. Pengen jadi anak kosan dan masalahnya :) bersyukurlah kalian anak kosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh hahaha syukuri apa yang ada~~ ^^

      Hapus
  6. Mbaknya buka kartu anak kostan ini.

    BalasHapus
  7. Bersosialisasilah, maka kesempatan untuk ditraktir akan lebih besar! *mental traktiran*

    Salam dari www.michaelfrofile.com :)

    BalasHapus
  8. Begitulah tingkah laku anak kost jaman sekarang :D

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  9. wkwk bersosialisasi mengharap gratisan, tulus dong :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuluslah. Kan diatas kutidak bilang "nggak usah berharap nanti juga akan ada". Semacam hubungan simbiolisme mutualisme gitu walau pada akhirnya lo akan boros di awal, sosialisme itu investasi.

      Hapus
  10. nah,,gue malah dapet ide bisnis dari anak kosan nih..nanti pas hari lebaran gue mau bikin mie instan rasa opor sama permen karet rasa ketupat :v..biar anak kos yang gak bisa pulang kampung bisa berbahagia sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sedih yah hahahaha tapi betul katamu, anak kosan itu lahan bisnis yang cukup menjanjikan ^^

      Hapus
  11. wahh bener bgt kalo anak kosan itu harus 'sadar'. saya pernah kehabisan uang bulanan sebelum waktunya, alhasil sengsara deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh semoga jadi pelajaran yah tapi bakal jadi cerita menarik, bukan?

      Hapus
  12. Tips hemat dan cermat buat anak kost nih. Tapi kebetulan, gue bukan anak kost. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. -___-" yauda bisa kamu share ke teman-teman lain heuheuheu yang anak kost juga XD

      Hapus
  13. Paling setuju nomor 2, nih. Penting banget hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup air mineral itu penting sekali :D

      Hapus