Jumat, 26 Desember 2014

Tipe-Tipe Teman Nonton

Yo! Apa kabar semua? Huwaaa nggak kerasa uda menghitung hari pergantian tahun aja yah? Project-project akhir tahun gue juga makin numpuk buat dikerjain hehehe kemudian teringat review-review film bulan desember ini yang terbengkalai juga *cambuk diri sendiri*. Ngomongin soal film nih, pasti dong bulan ini pergi nonton film bareng? Entah itu sama keluarga, pasangan, komunitas, dan teman. Nah biasanya nih ada beberapa teman yang asik diajak nonton, secara alami kita pasti uda tahu kalo nonton film jenis A harus ngajak teman yang begini atau pun begitu hohoho. Nah kali ini gue mau ngomongin soal ada apa aja sih tipe teman nonton kita? Nonton di sini nggak hanya film tapi juga video singkat, video klip, drama, anime dan lain-lain yang emang beneran ditonton.

TIPE SINEAS
Selalu ada aja teman kita yang kalau selesai nonton tuh pasti yang dikomentarin bukan hanya soal cerita melainkan teknis! Biasanya mereka adalah orang-orang pecinta film, pemerhati film, tukang review film, sampe pencipta video-video. Komentar mereka tuh sineas banget deh hehehehe kayak gini;

"Put, gila keren banget tau sinematografinya! Pengambilan gambarnya nggak biasa. Gue suka koreografi adegan berantemnya tuh beuuh. Gue yakin budget-nya mahal! Ya, lo liat aja itu merk mobil yang dipake. Efek editing sama lighting-nya tuh cucok!"

"Lo liat nggak handphone yang dipake tadi, Put? Ketara banget kan iklannya? Hebat ye tim marketingnya. Itu iklan handphone yang nge-boost drama-nya duluan. Padahal sih dramanya biasa aja. Pinter mereka"

"Make up effect-nya keren yah! Darahnya realistis! Eh, eh lipstik cho song yi jadi trend gitu deh"

Mau itu drama atau pun film, kita pasti punya teman-teman yang ngeliat secara produksi heuheu seperti sineas. Biasanya mereka objektif dalam memberikan penilaian atau merekomendasi, tapi juga bisa subjektif kalo uda mencoba mempengaruhi teman untuk "harus nonton atau tidak ditonton"-nya suatu acara (film atau pun drama, video).

TIPE AHLI ANATOMI
Akan selalu ada teman-teman kita yang nonton karena aktor atau aktrisnya adalah idola mereka. Dan yang dibahas paling pertama adalah penampilan idola mereka. Mereka biasanya punya mata elang, jeli untuk melihat setiap perubahan atau daya tarik tertentu dengan begitu detail yang luput dari mata orang pada umumnya. Bahkan terkadang dia bisa menebak sebuah jalan cerita hahaha.

"Ah ketahuan itu tuh sebenernya ada dua orang. Cuma gaya rambutnya aja disamain padahal beda banget. Masa lo nggak 'ngeh sih, Put? Ketara banget gue perhatiin dari tadi! Cara jalannya juga beda. Sengaja banget nggak terlalu diliatin biar terkecoh"

"Gilaaa ganteng banget sumpah! Gue nggak tahan tiap liat adegan dia gigit bibir gitu atau nggak pas dia cemburu, matanya itu loh, Put! Matanya! Aaaak beda banget pas natap si cewek yang satunya"

"Masa lo baru sadar, Put? Dadanya Hinata lebih gede dibanding dadanya Sakura. Sakura mah apaan, dada rata dia mah! Dibanding Tsunade, Hinata cukup bersainglah"

TIPE PENGGANGGU
Tipe yang satu ini ada 2 jenis nih. Yang pertama adalah si usil. Kalau nonton film horor, pasti deh ada satu teman yang hobi banget ngagetin kita sebelum adegan seremnya muncul hahaha. Nah dia disebut si usil. Nggak hanya film horor, film sedih juga dia bisa usil banget loh. Belom juga nangis, pasti dia uda sok-sok-an ngelapin mata kita pake tisu. Pokoknya usil bangetlah. Yang kedua adalah si wartawan. Kerjaannya nanya mulu sepanjang film! Reaksinya pun pake tanda tanya terus, uda gitu setelah film pun masih nanya!

Saat nonton film,
"Eh itu kenapa yah kayak gitu, Put?"

Reaksi saat nonton adegan film,
"Loh kok? Laaah? Eeeh masa gitu dah?"

Setelah nonton film,
"Gue masih nggak ngerti deh, Put. Itu kenapa yah kok si tokoh utamanya mati?"

Sebenernya si wartawan kita yang satu ini nggak bermaksud ganggu kok cuma tanpa sadar emang mengganggu hiks. Ada enak dan nggak enaknya sama mereka. Nggak enaknya yaa keganggu, enaknya adalah ngebuka sebuah diskusi (itu pun kalo filmnya emang enak buat didiskusiin).

TIPE SOUNDTRACK KOLEKTOR
Baru beberapa jam setelah nonton film atau drama, pasti temen kita ini uda wara-wiri cari original soundtrack-nya (OST). Mereka tipe audio, yang emang bisa menilai kalau lagu pengiring film atau drama itu enak dan biasanya penilaian mereka tepat! Tapi ada juga yang menyukai sebuah OST dari sebuah adegan yang menjadi favorit mereka. Pokoknya musik benar-benar mempengaruhi mereka.

"Gue tuh kalo bangun pagi, Put harus nyetel soundtrack-nya Superman. Beuuuh setel terus ngaca baah gue ngerasa tambah ganteng!"

"Yahilah gue dong! Soundtrack-nya Shingham! Beeeuh berasa heroik gitu gue!"

Dan gue pun juga pernah kepengaruh hahaha, (walau cuma seminggu)
"Gue kalo bangun tidur dengerin soundtrack-nya mei chan no shitsuji. Bangun tidur berasa kayak tuan putri terus ada pelayan ganteng yang siap memenuhi semua kebutuhan gue"


TIPE SUSAH MOVE ON
Biasanya sih mereka golongan tipe sineas nih, cuma bisa juga orang-orang yang bener-bener cuma jatuh cinta dan mendedikasikan diri pada satu film, drama, anime, atau hal yang mereka tonton tersebut. Pokoknya hal-hal yang berada di film itu mempengaruhi kehidupan mereka bahkan bisa jadi sebuah titik cerah di kehidupan mereka. Terkesan lebay tapi memang ada loh, teman-teman! Bahkan film tersebut bisa juga dikategorikan film yang penuh kenangan yang bahkan bisa mereka tonton lebih dari 10kali. Ada yang bertahan lama, ada juga yang bertahan sebentar karena euforia-nya.

Situasi pertama,
Temen: put, put!
Gue: Hem
Temen: *nempelin pergelangan tangannya ke pergelangan tangan gue* dededededededett...waktu lo akan habis karena gue ambil, put hahahaha (temen gue kena efek film "In Time")

Situasi kedua,
Temen: put, put!
Gue: Hem
Temen: *nulis nama seorang tokoh politik di sebuah buku dan nunjukin ke gue* sebentar lagi koruptor di Indonesia akan gue habisin, Put! Hahahaha (temen gue kena efek anime "deathnote")

Situasi ketiga, setiap foto mereka menggunakan pose si tokoh utama film, bahkan gaya bicaranya juga. Mereka hafal quotes-quotes dalam filmnya dan bisa juga menghubungkan setiap kejadian yang ada di dunia nyata dengan adegan film. Ada juga yang menjadikan satu orang tokoh utama fiksi dalam cerita menjadi tokoh panutan dalam hidup mereka dan berdampak sangat positif (atau mungkin bisa jadi sebaliknya).

Ah tapi gue juga pernah kok kayak gitu, nih gue dan euforia interstellar;
EUFORIA INTERSTELLAR GUE DI TWITTER

EUFORIA INTERSTELLAR GUE DI INSTAGRAM
TIPE "MAU TAPI MALU"
Mau tapi malu cuma analogi aja sih jadi tuh maksudnya, teman kita yang satu ini biasanya memiliki keingintahuan yang sangat besar tapi mereka sebenarnya nggak mau ngeliat sebuah adegan. Situasi ini bisa ditemukan saat film thriller yang berdarah-darah atau film horor! Pengen tahu ceritanya tapi nggak mau lihat. Agak ribet juga yah hahaha.

Situasi nonton film horor,
Temen gue 1: *tutup mata pake bantal, tutup telinga pake tangan* "put, bilangin kalo setannya uda pergi!"
Temen gue 2: *tutup mata* "uda belom sih puuut? Ceritain itu mereka lagi ngapain?"
Gue: *ceritain dan ngeliat semua adegan setan* "dia bego gitu jalan ke dalam gudang dan WAAAAK SETANNYA MATANYA KELUAR KAMPRET GUE LIAT LAGI DIA KELUARIN DARAH" (okeh gue beneran kaget dan yaah situasi kayak gini seringkali terjadi pada gue. Hiks selalu jadi orang yang matanya terbuka ngeliat semua adegan hahahaha).

TIPE DATAR
Gue agak bingung sebenarnya dengan kategori ini. Karena emang beneran gue punya satu orang temen yang kayak gini. Untungnya sih cuma satu hahaha. Teman kita yang satu ini nggak nge-respon apa-apa. Cenderung diam dan setelah film selesai pun tetap dataaaaaar~~ mungkin ada beberapa orang yang seperti ini untuk beberapa film atau tontonan yang mereka tonton aja.

Situasinya kayak gini,
Gue: Eh gimana? Gimana? Seru banget kaaan?! Gila gue suka banget tuh pas...
Temen gue: Biasa aja.
Gue: Ah masa sih biasa aja? Lo suka adegan apa? Menurut lo gimana tuh film?
Temen gue: Biasa aja.

TIPE KOMENTATOR
Mungkin tipe yang satu ini bisa jadi masuk ke tipe pengganggu. Tapi bisa juga nggak, karena mereka bisa menjawab hal-hal umum yang kita nggak tahu. Nah tipe yang satu ini biasanya berpengetahuan tapi juga sotoy hahaha. Paling nggak enak kalo mereka bawel sepanjang film.

"Aaah dia tuh miskin! Masa punya handphone canggih? Nggak logis!"

"Bodoh apa yah?! Bukannya keluar cari bantuan malah sembunyi di dalem rumah! Ya matilah dia dikepung!"

"Ya emang gitu. Kucing jantan dengan belang tiga itu nggak pernah ada. Di keturunan kucing, kucing belang tiga dengan jenis kelamin jantan harus dibunuh karena kalau tidak, dia akan jadi penguasa. Nggak ngerti sih tapi nyatanya sampe sekarang kucing belang tiga itu pasti betina"

Mereka asik untuk menjawab hal-hal kecil yang kita nggak tahu padahal itu pengetahuan umum. Tapi jadi nggak asik kalau uda berkomentar sepanjang cerita, ganggu banget hihihihi.

TIPE MAIN FISIK
Teman kita yang satu ini memiliki reflek yang cepat dan mereka punya "tangan yang ringan". Biasanya sih kalo nonton nih, entah itu hal lucu atau apa, ada aja yang mereka pukul. Entah itu pukul pundak kita, pukul meja, jambak rambut sendiri, meluk kita tiba-tiba, banting barang yang dipegang, pokoknya ekspresif banget deh (atau mungkin kelewat ekspresif). Apa aja bisa melayang dari tangannya hahaha termasuk melayangkan sebuah pukulan dan tamparan. Biasanya ini semua terjadi reflek, mereka nggak ada maksud sengaja (atau mungkin ada? hahaha).

Semua hal yang gue tulis diatas nggak bisa dijadikan judge pada seseorang. Karena tanpa disadari kita sendiri bisa jadi merupakan salah satu tipe yang telah gue tulis. Sekarang gimana caranya acara nonton itu menjadi sesuatu yang asik dan menjadi ajang mendekatkan diri dengan teman-teman hohoho. Nah kurang lebih itulah tipe-tipe teman nonton yang sering gue temui dan mungkin juga kalian pernah jumpai hahahaha. Kalau ada tipe yang lain, kalian boleh share di komen yah atau mungkin cerita kalau kalian pernah menjadi salah satu tipe di atas gitu? Hehehe salam #Sotoy

12 komentar:

  1. Gue tipe sineas dan soundtrack hahahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwakakakak selamat yah :D berarti menilai secara keseluruhan.

      Hapus
  2. Hahaha,, lengkap nih, dan yang paling sering ditemuin tipe sineas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa jangan-jangan kamu sendiri berada di lingkungan pecinta film yah? :)

      Hapus
  3. Tipe makan juga ada.

    Kerjaannya makan mulu dari awal sampe akhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya yah bener juga. Terima kasih tambahannya :D

      Hapus
  4. Gue tipe ahli anatomi, soundtrack kolektor, susah move on dan euforia.
    Krn gue adl bagian dr pisces, gol. A, infj dan masa lalu...hahaha

    BalasHapus
  5. yang gue pernah temui tipe anatomi. pasalnya temen gue, si cewek ini sampe hapal betul warna rambut and style rambut lee min hoo di drama satu dan yang lain.
    contohnya drama the heirs. katanya, "yah. disini mah lee min hoo nggak keliatan ganteng. nggak keren. rambutnya biasa aja. nggak kayak di BBF. "
    dan gue cuma bisa geleng.

    satu lagi yang harus ditambahin. tipe suporter.
    sebab ada satu temen gue. kalo nonton dah kayak nonton bola.
    rame banget. pake acara teriak kalo horror.
    kalo adegan romantis dy teriak "cium..cium..cium..."
    aneh dah pokoknya. hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whahahaha XD ternyata punya teman yang seperti itu yah. Kalo tipe suporter yang kamu maksud bisa masuk ke tipe pengganggu (si usil), komentator, dan si main fisik sih (fisik tenggorokan buat teriak-teriak maksudnya wkwkwk).

      Hapus
  6. kayaknya gw tipe yang susah move on deh.
    kemaren abis nonton the amazing spiderman, gw langsung nyari laba2. laba2nya gw suruh gigit gw tapi enggak ada yang mau, katanya
    "Emangnya eike laba2 apaan..."
    *gw nemu laba2nya di taman lawang, jadi nih laba2 terkontaminasi sama keadaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jijay wkwkwk apa-apaan itu laba-laba jual mahal cyiiin XD

      Hapus