Minggu, 04 Januari 2015

Skill Yang Kamu Dapatkan Dari FANGIRLING/FANBOYING

Yo! Apa kabar semuanyaaaaa?! Ohiya sebelumnya selamat tahun baruuuuu!! Semoga semakin segera aksi yah, resolusi nggak cuma jadi angan-angan doang hehehe. Yosh! Yang semangat makin semangat yah di tahun ini! Belakangan ini, gue lagi sibuk merhatiin CV gue hahaha. Kali aja ada yang perlu diubah atau gimana gitu. Kemudian gue kepikiran, "skill fangirling" bisa dimasukin ke CV nggak yah? Emang pikiran random yang bakal jadi bahan candaan aja sih. Cuma kalau dipikir-pikir, fangirling/fanboying bisa menciptakan beberapa skill hebat loh! Yok ah kita tengok! (ohya sebelumnya bisa juga tengok post terkait fanboy --> "Catatan Hati Seorang Fanboy")

Bagi yang belum tahu, fangirl/boy itu berasal dari dua kata, yaitu fans dan jenis kelamin (girl/boy). Biasanya ini sebutan mereka yang memiliki sesuatu yang diidolakan atau hal yang digemari. Fangirling/fanboying itu sebutan untuk kegiatan yang dilakukan para fans ini. Hmm gue bikin luas deh yah, kita juga bisa mengkategorikan fangirl/fanboy adalah siapa saja yang memiliki hobi hohoho. Jadi inilah beberapa skill yang bisa didapatkan dari kegiatan fangirling/fanboying:

STALKING
Mencakup kemampuan analisa, observasi, hacker/cracker, kritisi, reporting, dan lain sebagainya. Nggak usah kaget kalo para fans itu bisa melakukan hal yang lebih sampai ke hack atau bahkan crack. Contoh paling dekat yang gue liat sendiri adalah twitternya Super Junior Donghae pernah di-crack oleh ELF INA (fans super junior Indonesia) yang nge-twit pake bahasa Indonesia dan mention si orang Indonesia. Dan asal tahu aja, dia yang nge-crack ini perempuan! Dunia IT macem hack/crack biasanya digaungi para lelaki, tapi nggak nutup kemungkinan perempuan juga bisa menguasainya dan bahkan menggunakannya cuma untuk nge-crack twitter idolanya. Nah bayangkan jika kemampuan ini dijual ke sebuah perusahaan? Heuheuheu.
L ITU STALKER WKWKWK
BAHASA
Biasanya para fangirl/fanboy menguasai lebih dari 2 bahasa. Contoh paling sederhana aja, teman yang menyukai musik barat akan memiliki kemampuan bahasa Inggris secara alamiah, begitu juga yang menyukai lagu Jepang dan Kpop sekali pun. Adik gue kebetulan fans hardcore Harry Potter (gue juga sih) dan secara nggak langsung hafal dialog-dialog Harry Potter termasuk dengan aksen british-nya. Menurut gue poin plus untuk adik gue yaa aksen british yang dia dapat. Mungkin saat ini dia belum ngeh dengan aksen itu.

SENI/ART
Mencakup kemampuan gambar/melukis, komik, design, prakarya, kerajinan tangan, dance, musik dan lain sebagainya. Yang demen boyband/girlband umumnya suka niru dance mereka, dan ini bisa jadi sebuah kemampuan yang hebat loh! Dalam sebuah penelitian, orang yang suka menari umumnya memiliki otak yang seimbang (otak kanan dan kirinya) dan memiliki refleks yang cukup tinggi. Ini bisa dijadikan sebagai nilai plus untuk sebuah kesigapan mungkin. Gambar? Mau mengidolakan apa pun (entah film, musik, anime dll) pasti akan selalu ada orang yang menelurkan karya-karya gambarnya dan itu disebut fanart. Tentu skill ini bisa digunakan.
WALK OFF THE EARTH (FROM COVER TO PRO)
MENULIS/WRITING
Mencakup fiksi dan nonfiksi. Kalau ada fanart, pasti ada fanfiction (fiksi buatan fans). Mungkin awalnya nggak bagus tetapi lama kelamaan ini bisa menjadi skill yang paling menjanjikan hahaha. Nggak hanya fiksi, tetapi juga nonfiksi loh. Ingat dengan skill analisa dari stalking? Biasanya orang-orang yang menulis memiliki kemampuan lain seperti pengumpulan data dan itu cukup untuk menulis sebuah nonfiksi. Contohnya fans soto betawi di daerah Jakarta Pusat. Mereka nggak akan sembarangan nge-review untuk makanan favorit mereka dan tulisan mereka masuk ke dalam kategori nonfiksi. Ah, bikin fanfiction juga kadang butuh kemampuan pengumpulan data kan?

SENSE FASHION
Tanpa sadar, biasanya fans akan meniru gaya berpakaian idolanya. Contoh paling mudah ditemui adalah para fangirl/fanboy musik, tetapi para cosplayer juga bisa masuk ke dalam kategori ini loh. Walau mereka hanya meniru pakaian yang notabenenya sudah jadi, mereka memiliki kreativitas sendiri untuk membuatnya. "tapi kan cosplayer bisa aja tinggal beli kostum, put!", iya bener tapi lihat mereka setelah menggunakannya. Jika mereka mampu menggunakan kostum mereka secara optimal, bagi gue mereka sudah memiliki dasar dari bagian sense fashion. Fashion bagi gue nggak cuma baju-baju bagus tapi bagaimana orang yang mengenakan baju itu bisa terlihat bagus atau enak aja gitu ngeliatnya atau mungkin indah juga :)
REIKA (COSPLAYER PRO)
AUDIO
Mencakup sing, fandub, speaking, composer, dan lain sebagainya. Di youtube, kita bisa liat betapa banyaknya cover-cover lagu yang bagus. Belum lagi orang-orang yang mampu bikin fanchant (semacem yel-yel), menurut gue itu adalah sebuah kemampuan. Pernah nggak bertanya-tanya, siapa sih yang bikin yel-yel untuk supporter bola? Kalo kemampuan speaking biasanya muncul dari orang-orang pemegang komunitas fans gitu. Secara nggak langsung kemampuan public speaking-nya ke asah. Nah yang paling menarik adalah FANDUB! Belakangan ini gue berkecimpung di kegiatan ini hohoho. Fandub diartikan sebagai dubbing yang dibuat oleh fans. Misalnya nge-fans sama anime naruto, terus iseng buat nyoba niru suaranya naruto. Tentunya sistem peniruan ini nggak cuma asal mirip suara, tetapi juga intonasi, emosi, dan ketepatan pengucapan (uwoh). Ibaratnya nih secara nggak langsung mereka itu voice acting gitu, keren yah. Kalo masih bingung, kalian bisa loh ke fanpage INA FANDUB (sebenernya masih ada lagi cuma karena gue berkecimpung disitu gue promo-in yang ini aja deh hahaha). Disitu kalian bisa liat video-video anime yang mereka dubbing. Bosen nggak sih nonton pake sub mulu? Sekali-kali nyoba denger dub Indonesia gitu hohoho. Kalo soal kemampuan fandub hmm ya tentunya bisa jadi seorang dubber profesional nantinya (amiiin).

VISUAL
Mencakup videografi, filmmaking, fotografi, dokumentasi, dan lain sebagainya. Jika kalian pernah nonton bola di stadion bersama fans fanatiknya, pernah merhatiin nggak kalo kamera yang mereka punya tuh kamera profesional? Atau kamera yang bisa jadi harganya nggak murah dari yang umumnya (dikarenakan tambahan lensa dan semacamnya). Ada juga tuh istilah fancam (fans-camera) untuk video-video yang didokumentasikan fans. Beberapa temen gue awalnya cuma doyang nge-dokumentasiin event pertandingan basket antarsekolah (dia hobi untuk ngeliat pertandingan basket) tetapi lama-kelamaan malah jadi skill fotografi yang kece! Ibaratnya nggak cuma basket yang dia abadikan hahaha.

EKONOMI
Hal ini bisa jadi berhubungan dengan sistem menabung, pengelolaan uang, siasat pembelian merchandise, pemburu kuis, dan lain sebagainya. Mereka yang memiliki hobi biasanya paling hebat dalam hal penghematan (walau pada akhirnya dihabisin juga sih). Menurut gue ini bisa masuk ke dalam kemampuan loh.

HUMAS
Pencitraan itu perlu loh, teman! Maaf yee gue tiap denger humas, kata yang pertama kali muncul diotak gue itu pencitraan. Sumveh nggak maksud heuheuheu. Nah biasanya nih para fangirll/fanboy akan membela mati-matian apa yang mereka suka. Mau ada haters sekaligus pun pasti bisa jadi dibabat abis deh dengan segala "pencitraan" heuheuheu. Ini bisa masuk ke dalam kemampuan humas bagi gue, atau bisa jadi mencakup ke dalam BUZZER! Yup, bisa banget kan jadi buzzer partai terentu dan membantai partai lainnya gitu (dapet duit kan tuh? #Sotoy)

Bonus! Kemampuan untuk memberikan cinta #halah

Oke, gue mengutip kalimatnya kakak Shirei Shou (di facebook) yaitu,
"Hobi adalah sesuatu yang pada umumnya BERAWAL dari MEMBUANG SESUATU (buang waktu, buang duit, buang tenaga, dll). Tapi kadang, dari membuang sesuatu itu kita akan mendapat sesuatu, meski nggak selamanya berupa materi. Tergantung bagaimana kita menyikapi beberapa besar kita sanggup membuang hal-hal tersebut. Karena HOBI kadang nggak bisa dijelaskan dengan AKAL"

Gue pun sepaham dan berpikir mungkin skill-skill yang gue sebut tadi bisa jadi hal yang kita dapatkan, walau mungkin pasti masih banyak lagi. Semoga di tahun yang baru ini, banyak kemampuan (skill) yang bisa kita asah atau mungkin punya skill baru? Hihihi salam #Sotoy #sesuADUH

Sumber gambar;
http://futurewarstories.blogspot.com/2014/02/broken-promises-halo-movie.html
http://zazapyon.deviantart.com/art/Fangirling-285537805
https://www.youtube.com/user/walkofftheearth
https://www.facebook.com/pages/Reika/315573555144954?fref=ts
https://www.facebook.com/Anime.n.Manga.Official.Page?fref=photo

12 komentar:

  1. Mantap, senang bisa berkunjung. Senang lagi komentar pertama ini gue haha salam ya!

    BalasHapus
  2. Baru mampir udah suka sama artikelnya :)

    Visit me back :)

    BalasHapus
  3. Sebagai fans salah satu band luar negeri, aku pernah lakuin yang bagian seni, yaitu bikin komik buat mereka, dan juga suka stalking sih. walaupun mention gak pernah dibales. hehe

    komikdimsum.blogspot.com

    BalasHapus
  4. REIKAA-SAAMAAAA #KomentarSalahFokusSekaligusOOT :p

    BalasHapus
  5. Romance dan Manga Fans,

    Jika Anda ingin membuat keluar Paradise maka Anda akan menyukai "Membuat keluar Behind Bars" !!

    "Membuat keluar Behind Bars" oleh J. Zaraiya sekarang dijual di Xinxii.com dan pengecer online lainnya baik.

    http://www.xinxii.com/mydocs.php?pid=3de6b

    Beli "Membuat keluar Behind Bars" sekarang !!

    https://myspace.com/j.zaraiya

    BalasHapus
  6. Berarti kalo cowok fanboy yah?

    BalasHapus